Kamis, 22 Februari 2018

Cara Mengimpor Atau Membeli Barang Dari Korea

Posted by Raisafcha on Februari 22, 2018 with 19 comments

Pasti pernah dong, beli album kpop, kosmetik, lighstick, baju ala-ala korean style, dan official merch korea di Kshop kepercayaan kamu. Pernah ga sih terpikir untuk ingin membeli langsung barang-barang tersebut langsung tanpa perantara kshop? Atau pernah gasih terpikir buat buat kshop sendiri? Nah..disini, saya akan menjelaskan cara membeli atau mengimpor barang dari korea.

· Website / Toko Offline
Contoh website yang paling banyak di dipercayai oleh para pencinta kpop khusunya mereka yang merupakan kolektor album korea adalah :
Dan ini dia website yang paling sering crash karna terlalu banyak akun yang mengunjungi website ini, apalagi jika goods yg ditawarkan merupakan barang ‘Limited’, Yaitu : www.btsofficialshop.com

Untuk Toko Offline sendiri, kalian bisa menemukan banyak toko Offline di korea seperti :
ü SUM MARKET
ü VT COSMETIC
ü LINE FRIEND
ü PUMA
ü Dll
Bagaimana cara membeli barang yang diminati dari toko offline, jika kita berada di Indonesia?. Caranya adalah  dengan menggunakan Team Handcarry Korea.  Team handcarry sangat membantu buat kamu yang  pengen beli barang yang tidak tersedia di toko online, dsb.ko


·  Paypal
Apa itu paypal? Paypal adalah sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvesional berupa cek atau transfer uang. Dan kira-kira,  apakah menggunakan paypal, itu mudah&gampang? Untuk soal mudah & gampang, tentu hal ini jawabannya tergantung ke kepribadian masing-masing. Tp..paypal sendiri itu mempunyai rate trf yg tinggi per sekali transfer. Yaitu sekitar Rp. 20.000-25.000  

· Paket Pengiriman
Sebagian besar Kshop di indonesia, menggunakan jenis paket pengiriman berupa EMS (Express Mall Service), karna berat maximal dari jenis paket pengiriman ini adalah  30kg dengan masa pengiriman 5-7 hari. Untuk biaya EMS nya sendiri, bisa di cek di http://ems.epost.go.kr/front.EmsDeliveryDelivery09postal , dan biasanya biaya EMS itu semakin murah bila semakin berat.

· NPWP
Kamu wajib memiliki kartu pajak ini, jika ingin mendapatkan diskon. Kenapa? Agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak, jika terkena pajak (tax). Dan ini, biasanya wajib kalian miliki, jika ingin mengimpor barang dari luar negeri.

· Beacukai
Beacukai itu apa sih? Secara singkat, beacukai adalah tempat yang mengawasi kegiatan ekspor impor barang. Nah..barang kalian yang sudah di kirim melalui EMS, akan masuk ke Beacukai atau sering diesebut “Pabean”. Trs..kalau udh masuk Beacukai, kita harus ngapain?
I. Tunggu surat atau WA dari orang beacukai mengenai beberapa hal yg harus dikirim. Biasanya, mereka akan minta Bukti Transfer, Faktur Pembelian (Invoice bagan), dan NPWP. Maka dari itu, pastikan kalian memiliki NPWP sebelum mengimpor barang dari luar negeri. Dan pastikan jg nama penerima, nama di kartu NPWP, dan nama yang ada di faktur pembeliaan itu sama.
II. Setelah kamu mengirmkan ketiga hal itu ke Email yg telah diberikan, atau membalas WA nya dgn mengirimkan beberapa keterangan yg tlh diminta sebelumnya.  Barang dan semua yg kamu kirimkan tadi akan di periksa oleh orang custom pabean.  Jika ternyata total pembeliannya lebih dari 100USD, maka kamu diwajibkan membayar TAX (Pajak) yang telah ditentukan. Kamu bisa membayar pajak nya di kantor beacukai setempat.
III. Dan setelah itu, tanya kepada orang beacukainya, apakah barang milik kamu itu harus diambil atau apakah ada pihak yg bisa mengantarnya kerumah kita. Karna ada beberapa beacukai yg ada di indonesia, tidak mau mengirimkan paketnya ke tangan penerima (Harus di ambil ke kanto beacukai setempat). Namun, tak sedikit pula yang mau mengantarkan paket tersebut ke tangan penerima.


Dibalik semua itu..ternyata ada beberapa Beacukai di Indonesia, yang langsung mengirim paket ke tangan penerima (Tanpa di periksa dan dimintai ke 3 hal tadi) dan tak sedikit pula yang memperbolehkan kita untuk mengimpor barang tanpa ada NPWP. Dan anehnya, ada segelintir orang beacukai yang tidak tahu-menahu tentang undang-undang beacukai itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa larangan impor dan pembatasan barang impor yg tlh ditetapkan oleh undang-undang beacukai (Bukan Undang-Undang dari pemerintahan)

1) Tentunya sebagai Kpopers, kita pasti excited dan pengen banget punya album bias yang pada dasarnya tergolong mahal untuk kantong pelajar. Tahukah kamu? Ternyata produks jenis CD (Optik) itu pembelian nya di batesin dan tlh di ttpkan di UU nya. Yaitu, Maximal Impor barang optik itu adalah 10pcs (Jika di perjualbelikan). Lalu, bagaimana jika kita beli lebih dari 10pcs? Selama mereka tidak membuka plastik yang membungkusi album tersebut, kita bisa berkata bahwa itu adalah album, bukan CD. Lantas, jika mereka tahu itu CD, apa yg terjadi? Yg paling buruk, hal tsb dpt membuat barang-barang kita akan disita oleh negara (tidak dikembalikan selamanya). Tp..di dlm UU, max pembelian barang optik adalah 10pcs jika di perjual belikan. Kalau tidak di perjual belikan, kita boleh membeli/mengimpor CD lebih dari 10pcs. Tp, jika kalian ingin memperjual belikan CD tsb, kalian bisa mengurus beberapa surat dan Izin Edar ke kantor pemerintahan setempat. Karna,jika sudah mempunyai surat tsb, kita boleh mengimpor barang optik sampai ribuan pcs.


2) Larangan impor barang kosmetik
Untuk kamu pecinta kosmetik korea, ternyata hal ini dilarang untuk di impor oleh pemerintah Indonesia. Saya tidak tahu alasan yg jelasnya. Tp..beberapa orang masih bisa mengimpor kosmetik dari korea, alasannya, karna pihak beacukai tidak mengetahui UU tsb dan Tidak memeriksa paket tsb.


Intinya, untuk urusan Beacukai, itu tergantung Beacukai daerah setempat. Jika daerah tersebut, sering menerima paket impor barang, maka mengurusnya akan susah. Karna pasti mereka sudah berpengalaman, dan tidak sembarang periksa. Contohnya seperti Beacukai di daerah Medan, Palembang, dan Jakarta. Jika kita terjebak dgn sistem dari pabean yg terolong sulit. Maka, ikuti saja permintaan mereka. Karna, mereka sendiri jg tidak ingin berusan dgn kita lama-lama:v



Mungkin inilah beberapa cara agar kita bisa membeli/mengimpor  barang dari korea. Mungkin ini jg bisa bermanfaat bagi kalian yg ingin mengimpor atau membeli barang dari negara lain.

Terimakasih..

19 komentar:

  1. terima kasih kak atas infonya, tapi saya masih ada bingung akan beberapa hal, bisa saya email kak untuk bertanya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya aku gatau terlalu banyak sih kak. tp kalau mau tanya2 boleh kok. mana tau aku bisa bantu:)

      Hapus
  2. Kak mau tanya² dong. Gaada line atau apa gitu?😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada line kok. tp kalau bisa email dulu aja kak. nanti baru aku kasih id nya disana:)

      Hapus
    2. alamat emailnya apa ka kalau mau bertanya tanya ?

      Hapus
  3. Ka mau nanya dong !
    aku masih bingung tuh gini.
    Kita seumpama beli album dari bighit kan.lha nanti kita kirim uangnya itu udah sekalian EMS nya belum sih ? apa cuma byar sub total kes.album doang ?
    mkasih ka

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. kak mau tanya, kalau misalkan aku beli dari beberapa seller korea, itukan pisah2 gitu ya sellernya, nah kalau aku mau jadiin 1 paket dalam 1 box gitu harus digabungin sm sellernya lgsg atau bisa dibantu sama EMS nya untuk gabungin paketan yg tujuan kerumahku?.. makasih kak sebelumnya :)

    BalasHapus
  6. Kak boleh minta alamat email? Mau nanya nanya kak Tentang beli album kpop. Makasih ✨

    BalasHapus
  7. Aku mau tanya lebih rinci bisa gak

    BalasHapus
  8. Kak kirim alamat emailnya dong saya mau nanya banyak

    BalasHapus
  9. Kak klo seller yg jual PC gitu dmn yah?

    BalasHapus
  10. kak cara ngitung uang dri won ke ruapiah gmna sih masih bingung misl 0.3 won korea cara ubah ke rupiah brp trs cara bacanya klu udh diubah kerupiah gmn bnyk bgt angkanya bingung akutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab OOOH gini kak,itungannya kalo semisal 0.1 itungannya 1000 won.
      Nah kalo 0.3 artinya 3000 won
      klo ga salah 1000 won itu 13rban jadi 0.3 sekitar 39k

      Cmiiw

      Hapus
    2. bantu jawab OOOH gini kak,itungannya kalo semisal 0.1 itungannya 1000 won.
      Nah kalo 0.3 artinya 3000 won
      klo ga salah 1000 won itu 13rban jadi 0.3 sekitar 39k

      Cmiiw

      Hapus
  11. Kak aku juga masih ada pertanyaan seputar ems tax dan beacukai dan cara membayarnya harus seperti apa ...btw sangat membantu banget blog nya sangat bermanfaat bagi kita yg kpopers

    BalasHapus
  12. Kak boleh minta alamat email nya?untuk pertanyaan yang saya ingin tanyakan jika kakak tidak sibuk

    BalasHapus
  13. halo kak, aku masih mau tanya2 nih. apakah boleh minta alamat emailnya?

    BalasHapus